Senin, 27 Agustus 2012

Tekhnik melukis

          Sebagai sebuah aktivitas seni, tentu saja terdapat beberapa teknik baku dalam lukis. Lukis sendiri dilakukan dengan menggunakan cat minyak. Bahkan dalam melukis objek yang paling sederhanapun tetap membutuhkan teknik supaya lukisan yang dihasilkan maksimal. Macam - macam teknik  tekhnik tersebut diantaranya : 

1.  Tekhnik Aquarel 
     adalah tehnik melukis dengan menggunakan cat air sebagai salah satu bahan dasarnya, selain cat pewarna.
pada saat kita menggunakan tehnik ini, zat pewarna kita campurkan dengan air pada satu tempat khusus yang dinamakan palette. pada saat mencampurkan pewarna ini, pewarna berbentuk pasta ditaruh dilubang palette dan diberi air sesuai kebutuhan.


  
2.   Tekhnik Pelakat
        tehnik melukis ini menggunakan cat minyak, nad poster, atau cat acrilik. dan pada saat kita menggunakan , dilakukan denga goresan yang tebal, sehingga menghasilkan warna yang pekat dan tebal.


  

3.  Tekhnik Semprot
      yaitu tehnik melukis yang menggunakan bahan cat cair yang disemprotkan dengan sprayer. dalam prosesnya kita menggunakan kompresor sebagai penekan udara semprotnya.


    
4.  Tekhnik Pointilis 
      tehnik melukis ini menggunakan unsur point atau titik-titik sebagai unsur pembentuk lukisan. poin -poin atau titik-titik terutama digunakan saat membuat obyek lukis yang gelap dan terang.

 https://encrypted-tbn3.google.com/images?q=tbn:ANd9GcRWg-ZkwrjcLxKa5ODHCu_Omu0eXaEwoYHtdHS92Zhsfaxs3saP3w   

5.   Tekhnik Tempera
       yaitu tehnik melukis yang dilakukan khusus pada dinding yang masih basah. sehingga dengan demikian, hasilnya akan menyatu dengan arsitaknya. 

   

6.  Tekhnik Kolase
      yaitu tehnik melukis dengan memotong kertas menjadi beberapa bagian, lalu potongan kertas tersebut kita tempel pada bidang lukis sehingga membentuk sebuah lukisan yang kita inginkan, khususnya lukisan realis tetapi dapat juga abstrak. 



sj-collage.jpg


7.  Tekhnik Mozaik
     yaitu tehnik melukis yang dilakukan dengan cara menempel benda-benda tiga dimensi yang ditata dan diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan lukisan. ada juga yang mengatakan behwa tehnik mozaik merupakan tehnik melukis yang dilakukan dengan memotong lukisan menjadi beberapa bagian dan selanjutnya lukisan tersebut disatukan lagi menjadi lukisan utuh.

 

2 komentar: