Senin, 20 Agustus 2012

Reklame


      
(Contoh Reklame)
A.       Pengertian Reklame
Reklame berasal dari bahasa latin, Yaitu clamo atau clamos yang artinya menyerukan dan mendapat awalan re- menjadi reklamo atau reklame. Awalan re- menyatakn perulangan, maka reklamo atau reklame artinya “menyerukan berulang-ulang”. Istilah lain dari menyerukan adalah mempromosikan sesuatu yang berkaitan dengan barang dagangan.
menurut wikipedia bhs. indonesia reklame adalah Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah promosi benda seperti meja baru, jasa seperti kantor pos, tempat usaha dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat klanik sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik, penjualan, dan promosi penjualan.
      Seni reklame dapat dibedakan menjadi dua yaitu: reklame dua dimensi dan reklamo tiga dimensi.  Reklame dua dimensi adalah reklame yang hanya memiliki ukuran panjang dan lebar serta gambar dan hurufnya biasa, sedangkan reklame tiga dimensi adalah reklame yang menggunakan huruf timbul atau yang dibuat seperti patung dan relief

B.       Bentuk – bentuk reklame
Menurut bentuknya reklame dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual

1.       Reklame audio ialah reklame yang dinikmati dengan pendengaran . Misalnya iklan lewat radio yang penyiarannya dilakukan berulang – ulang serta diiringi lagu – lagu.
2.       Reklame visual ialah reklame yang dinikmati dengan penglihata. Contohnya papan nama, papan reklame, poster, brosur, folder (kertas lipat), catalog, spanduk dan pamphlet.
3.       Reklame audio visual ialah reklame yang dinikmati dengan penglihatan dan pendengaran. Contohnya iklan dan trailer di televise atau di bbioskop.

C.       Jenis Jenis Reklame
1.       Reklame strategis
Biasanya dipasang pada tempat-tempat pertunjukan
2.       Reklame informasi
Reklame ini bersifat suatu pemberitahuan. Reklame ini banyak terdapat di majalah, surat kabar, atau di pinggir jalan.

D.       Bentuk-Bentuk Huruf Reklame

            Huruf merupakan faktor terpenting dalam pembuatan reklame. Dengan menuliskan huruf-huruf dengan jelas dan menarik, maka tujuan dari sebuah reklame akan tercapai. Dalam membuat reklame sebaiknya di awali dengan berlatih menulis huruf balok. Huruf balok merupakan huruf yang jelas dan mudah ditulis. Huruf balok juga disebut huruf persegi panjang dengan perbandingan sebagai berikut.
Tinggi : Lebar = 5:3
Khusus Huruf U,  tinggi : lebar = 5 : 4
Khusus Huruf W, tinggi : lebar = 5 : 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar