Senin, 20 Agustus 2012

Gambar perspektif



1. Pengertian Perspektif
                                                                        (contoh gambar perspektif)

Menurut Leonardo da Vinci, perspektif adalah sesuatu yang alami yang menampilkan yang datar menjadi relative dan yang relative menjadi datar. Perspektif adalah suatu system matematikal untuk memproyeksikan bidang tidak dimensi ke dalam bidang dua dimensional, seperti kertas atau kanvas. Kata “perspektif” berasal dari bahasa Italia, “prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”.
Konstruksi perspektif memungkinkan kita untuk menggambar sebuah benda atau ruang secara nyata di atas sebuah bidang datar (bidang gambar) atau untuk memperjelas sebuah rencana yang telah digambarkan secara proyeksi geometri (tampak atas, depan dan samping).
Gambar perspektif juga bisa diartkan sebagai gambar yang teknisnya menggunakan titik hilang. Gambar perspektif merupakan wujud dari gambar tiga dimensi.

2. Prinsip Dasar Perspektif
Peraturan-peraturan perspektif yang berbeda-beda pada dasarnya semua mengikuti keadaan alam. Hal ini karena mata manusia sudah terbiasa melihat benda-benda sekeliling dalam bentuk perspektif. Maka orang akan lebih cepat menangkap maksud sebuah gambar perspektif daripada proyeksi orthogonal.
Mata manusia hanya mampu melihat keadaan sekeliling dengan sudut pandang tertentu yang relative terbatas. Kemampuan manusia memandag ini tidak dapat dipaksakan untuk melihat (memandang) objek sekeliling dengan sudut pandang yang lebih besar.
Dalam menggambar perspektif, pengamatan obyek berasal dari satu titik pandang. Yaitu titik tempat pengamat berdiri memandang objek. Sudut dipersempit secara relative, dan dengan cara ini garis-garis lurus akan tetap lurus dan menghasilkan gambar perspektif yang tidak terdistorsi.

3. Cara Melihat Gambar Perspektif
- Gambar perspektif dapat dilihat dengan cara :
- Perspektif mata burung : dilihat secara keseluruhan dari atas
- Perspektif mata normal : dilihat secara keseluruhan dengan batas mata normal
- Perspektif mata cacing  : dilihat secara keseluruhan dari bawah

4. Jenis-jenis Gambar Perspektif dilihat dari Titik Hilang
Dilihat dari titik hilang yang digunakan gambar perspektif ada tiga, yaitu :
  • Perspektif satu titik hilang 
 
  • perspektif dua titik hilang
 
  • perspektif tiga titik hilang
 


Beberapa singkatan dari bahasa asing yang lazim digunakan dalam gambar perspektif, yaitu :
- CVA : Central Vertical Axis = Sumbu Vertikal Pusat
- EL : Eye Level = Ketinggian Mata
- GL : Ground Line = Garis Tanah
- HL : Horizon Line = Garis Horison
- MP : Measuring Point = Titik Ukur
- PP : Picture Plane = Bidang Gambar
- SP : Station Point = Titik Pangkal
- VML : Vertical Measuring Line = Garis Ukur Vertikal
- VMP : Vertical Measuring Point = Titik Ukur Vertikal
- VP : Vanishing Point = Titik Hilang
- VVL : Vertical Vanishing Line = Garis Hilang Vertikal
- VVP : Vertical Vanishing Point = Titik Hilang Vertika

5. Menentukan Sudut Pandang Dan Titik Hilang.
Kadang kita menemui gambar perspektif yang terlihat tidak seimbang atau beberapa furniturnya terpotong. Permasalahan ini dapat di atasi dengan cara:

  • Garis Horison dapat diturunkan atau dinaikkan sehingga bagian objek dapat terjangkau oleh sudut pandang pengamat.
  • Kedudukan pengamat dimundurkan lebih jauh dari bidang gambar sehingga seluruh bagian objek dapat terjangkau oleh sudut pandang pengamat.
Untuk menentukan titik hilang dapat dengan cara menentukan terlebih dahulu bagian ruang yang akan ditampilkan secara maksimal. Pada perspektif satu titik, bila bagian ruang yang akan ditampilkan adalah bagian kanan, maka titik hilang cenderung berada di sebelah kiri menjauhi garis normal dan bagian kanan ruang pada gambar. Cara ini berlaku untuk bagian ruang lainnya (kiri, atas dan bawah). Sedangkan pada perspektif dua titik, bila bagian ruang yang akan ditampilkan adalah bagian kanan, maka titik hilang sebelah kiri akan menjauhi dan titik hilang kanan akan mendekati bagian kanan ruang pada gambar.

#Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar