Senin, 13 Agustus 2012

SENI


A. PENGERTIAN SENI

Berikut pengertian seni menurut pendapat para ahli:
  1. Aristoteles "seni adalah peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal".
  2. Plato dan Rousseau "seni adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya".
  3. Ki Hajar Dewantara "seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, sehingga menggerakan jiwa perasaan manusia".
  4. Ahdian Karta Miharja "seni adalah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya".
  5. Drs. Sudarmaji "seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang,garis,warna,tekstur,volume dan gelap terang".
  6. Drs Popo Iskandar "seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok".
  7. Prof. Drs. Suwaji bastomi "seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru".
  8. Enslikopedia Indonesia "seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahannya orang senang melihatnya atau mendengarnya".
  9. Schopenhauer "seni adalah segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan seni music meskipun seni musik adalah seni yang paling abstrak".
  10. Eric Ariyanto "seni adalah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya".
dari 10 pengertian seni diatas dapat saya simpulkan bahwa seni adalah semua hasil tingkah dan laku manusia atau segala hasil karya dan cipta manusia yang memiliki nilai keindahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar